Blogging Tanpa Tujuan Adalah Sebuah Kerugian

Banyak orang ngeblog tanpa tujuan. Mereka membiarkan diri mereka terhanyut dalam arus pergaulan blogosphere, dan seringkali terombang-ambing dalam diantara gelombang pergaulan itu. Seperti daun kering, mereka terhanyut dalam arus sungai. Banyak diantaranya terhempas oleh badai kehidupan blogging, dan masuk ke dalam lautan kehidupan blogger yang biasa-biasa saja. Tanpa prestasi apapun yang berarti, bahkan masuk ke dalam lautan derita. Kasian.
Mereka tidak mampu memimpin diri mereka sendiri dalam kehidupan blogging, dan kehilangan kendali atas tujuan blogging jangka panjang. Mereka bukan nahkoda yang baik bagi kapal blogging buatan mereka sendiri. Semakin aneh lagi bila mereka yang tidak punya tujuan ini begitu tergesa-gesa ingin cepat sampai. Aneh kan, karena bagi mereka sampai di posisi ngeblog manapun akan sama saja.

Tidak Konsisten, Mudah Tergoda

Oleh karena itu, sejak awal ngeblog anda harus menetapkan tujuan, dan baru setelah itu cepat atau lambat Anda akan bergerak dan punya makna. Bila seorang blogger belum menetapkan tujuan untuk dicapai, dia tidak akan tahu harus berjalan ke arah mana. Lalu masalah yang sering dihadapi blogger pemula adalah mudah tergoda. Lihat tetangga sukses jualan ebook, eh dia ikutan jualan. Setiap orang itu unik dan memiliki jalur sukses masing-masing. Kalau yang ini harusnya pakai kacamata kuda biar nggak tolah-toleh ke kiri dan kanan.
Dengan tidak memiliki tujuan yang pasti, Anda menjadi tidak konsisten, mudah tergoda suasana hati Anda yang berubah-ubah setiap saat. Akibatnya, Anda mudah ganti arah, pindah jalur, berhenti mendadak, bermalas-malasan, dan tanpa disadari Anda telah membuat keputusan untuk menelantarkan karir blogging Anda sendiri. Eman-eman kan sudah korban banyak waktu, dana dan pikiran tapi tidak ada hasil.

Pemilik Tujuan Akan Lebih Siap

Dengan tidak memiliki tujuan yang pasti, Anda tidak tahu bekal apa yang harus Anda persiapkan dan harus Anda bawa. Karena Anda tidak membekali diri dengan hal-hal yang dianggap perlu, setiap kali ada kesempatan lewat, Anda tidak menyadarinya, bahkan mungkin Anda tidak melihatnya. Inilah yang membedakan blogger kategori biasa dengan yang luar biasa. Mereka jeli melihat peluang dan selalu siap menghadapi tantangan.
Dengan memastikan tujuan untuk dicapai, seseorang dapat mempersiapkan bekal dan hal-hal lain yang diperlukan untuk dibawa. Misalkan, kalau seorang blogger belum paham edit CSS ya belajar, belum ngerti SEO ya cari panduannya, masih kesulitan menuangkan ide ke dalam tulisan ya sering-sering berkonsultasi dengan forum penulis. Sehingga tanpa sadar pada saatnya kemampuan itu dibutuhkan, dia benar-benar telah siap memanfaatkan ketekunan untuk mendekati tujuan selangkah demi selangkah.

Tujuan Menghasilkan Motivasi Diri

Dalam perjalanan untuk meraih sukses, bila Anda telah menetapkan tujuan, Anda akan tahu harus melengkapi diri dengan apa saja. Bila Anda ingin membangun web affiliasi, tentu persiapan utama adalah memperbanyak subscriber. Sehingga pada saat ada kesempatan lewat dan moment telah sesuai, Anda akan peka dan mampu melihatnya, dan karena itu artinya Anda memiliki kesempatan besar untuk meraih kesuksesan.
Tujuan adalah harapan yang sudah ditetapkan. Bayangan akan tercapainya harapan atau tujuan itu akan sangat memotivasi, menggairahkan, membangkitkan antusiasme dan dengan demikian memberikan kekuatan bagi Anda untuk mencapai atau mewujudkannya. Ini berlaku secara alami. Apa yang kita idam-idamkan akan membuat lankah kita terasa makin ringan dan bersedia berkorban untuk mendapatkannya.
Bila Anda telah menetapkan tujuan untuk dicapai, potensi-potensi Anda akan berkumpul dan menyatu demi pencapaian tersebut. Kekuatan fisik, uang, waktu, kemampuan berpikir, emosi dan potensi lainnya akan Anda gunakan demi mencapainya.  Semua potensi ini akan dipersatukan dan menghasilkan sinergi kekuatan yang jauh lebih besar, sehingga tujuan akan mudah tercapai. Tetap semangat ngeblog dan selalu saya bilang, enjoy blogging enjoy writing!

3 komentar:

  1. wah bagus juga bisa untuk inspirasi bagi orang lain....

    BalasHapus
  2. wah, benar sekali kawan.
    Saya termasuk salah stunya,
    Sebenarnya sih sudah punya tujuan blogging, tapi masih sedikit ragu untuk benar-benar terjun kesana :))

    Btw nice post sob...

    BalasHapus
  3. saya ikut termasuk gan...
    mungkin untuk ke depan nya, akan lebih baik...

    BalasHapus

Copyright © 2013 Menggala Tulang Bawang and Blogger Templates - Anime OST.